Rabu, 07 September 2016

Waspadai Gagal Ginjal Akut Yang Mengancam Jiwa

Gagal ginjal akut merupakan salah satu kondisi medis yang sangat butuh penanganan secara cepat dan tepat. Hal ini terjadi dimana ginjal berhenti bekerja secara tiba-tiba. Jika penanganan tidak segera dilakukan, maka kondisi ini akan sangat mengancam jiwa. Fungsi ginjal sendiri adalah untuk membuang limbah dan sampah dari dalam tubuh untuk dikeluarkan. Ketika fungsi ginjal berhenti, maka semua limbah tersebut tidak bisa dikeluarkan dari darah. Limbah akan meracuni darah dan bisa menyebabkan kematian.

Apa Penyebab Gagal Ginjal Akut?
Gagal ginjal akut bisa disebabkan oleh 3 penyebab utama, antara lain adalah :

Diakibatkan oleh racun, obat-obatan dan infeksi
Konsumsi obat-obatan jangka panjang dapat merusak ginjal. Untuk itu, penggunaan obat kimia dalam jangka panjang harus dalam pengawasan dokter.

Sumbatan mendadak urin
Terjadi sumbatan yang terjadi secara mendadak dan menyumbat urin untuk keluar dari ginjal. Beberapa sumbatan tersebut bisa disebabkan oleh tumor, cedera. batu ginjal dan pembengkakan prostat.

Kekurangan Darah
Kurangnya aliran darah yang mengalir ke ginjal secara tiba-tiba, dapat berakibat serius, yakni terjadi gagal ginjal akut. Selain itu, dehidrasi juga berbahaya untuk ginjal.

Gejala Gagal Ginjal Akut
Gagal ginjal akut dapat menimbulkan gejala-gejala berikut ini, antara lain :

  1. Mual dan muntah
  2. Nyeri pinggang, nyeri bagian belakang tepat di bawah tulang rusuk.
  3. Mengantuk, merasa cemas dan gelisah
  4. Terjadi pembengkakan, terutama terjadi pada bagian kaki
  5. Buang air kecil sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali
Beberapa orang yang mengalami gagal ginjal akut, seringkali tanpa gejala

Bagaimana Pengobatan Gagal Ginjal Akut?
Pengobatan yang dilakukan pada penderita gagal ginjal akan berbeda-beda. Seorang dokter spesialis ginjal akan mengambil tes dan kemudian melakukan rencana pengobatan yang akan diterapkan kepada pasiennya. Gagal ginjal tersebut dapat diatasi dengan menghilangkan penyebabnya. Misalnya, jika gagal ginjal akut tersebut disebabkan oleh aliran darah yang berkurang ke ginjal, maka dokter harus memulihkan aliran darah itu. Jika terjadi penyumbatan, maka dokter harus menghilangkan penyumbatan yang terjadi pada ginjal tersebut.

Selain melakukan dua tindakan di atas, beberapa tindakan lain yang mungkin diambil oleh dokter di antaranya adalah :

Menghentikan limbah meracuni tubuh pasien. Hal ini dilakukan dengan cara mencuci darah. Untuk melakukan tindakan ini, dokter akan menggunakan mesin pencuci darah. Tindakan ini akan dilakukang hingga pasien sembuh.

Antibiotik mungkin saja digunakan untuk mencegah infeksi. Selain itu, dokter bisa memberikan obat lainnya untuk membuang cairan.

Pasien harus bersemangat untuk bisa sembuh. Minumlah semua obat yang diberikan oleh dokter dan lakukan hal lain yang disarankan oleh dokter. Selain itu, mungkin Anda harus melakukan diet khusus yang bertujuan untuk mengurangi beban kerja ginjal. Dengan demikian, proses penyembuhan ginjal akan lebih cepat.

Apakah Gagal Ginjal Akut Itu Permanen?
Hal ini tergantung seberapa parah gagal ginjal itu terjadi. Bagi orang yang mengalami gagal ginjal akut, seseorang akan diobati dalam kurun waktu beberapa hari - beberapa minggu. Sebagian besar, penderita gagal ginjal akan bisa melanjutkan kehidupan normalnya seperti sedia kala. Namun, ada juga orang-orang yang mengalami kerusakan ginjal secara permanan. Penderita selanjutnya mengalami gagal ginjal kronis. Jika sudah demikian, maka seorang pasien harus melakukan cuci darah secara berkesinambungan. Jika dia ingin kembali hidup normal, maka harus dilakukan transplantasi ginjal. Hanya saja, mencari pendonor yang mempunyai ginjal cocok merupakan masalah tersendiri.

0 komentar: