Rabu, 31 Agustus 2016

Fakta Dan Mitos Bahaya Mandi Malam untuk Ibu Hamil

Berbagai mitos dan fakta terkait apa yang boleh dan tidak boleh untuk ibu hamil terus berputar di masyarakat. Salah satunya adalah bahaya mandi malam untuk ibu hamil. Karena aktifnya hormon saat masa kehamilan, hingga meningkatkan aliran darah, ada banyak alasan mengapa kelenjar keringat ibu hamil bereksresi melebihi orang biasa. Dan hal tersebut menyebabkan kegerahan dan rasa panas di kulit. Hal inilah yang menjadi alasan ibu hamil ingin mengeyahkan rasa gerah tersebut dengan mandi. Nah, bolehkah ibu hamil mandi malam? Apakah berbahaya?

Bahaya Mandi Malam untuk Ibu Hamil adalah Mitos, Apa Saja Faktanya?

Ternyata bagi orang biasa, mandi malam dapat memicu berbagai macam penyakit itu hanya mitos. Banyak menyebutkan bahwa mandi malam dapat menyebabkan asam urat, reumatik, gangguan metabolisme, hingga penuaan dini. Jika bagi orang biasa hal tersebut hanya mitos, maka bagi para ibu hamil hal tersebut ternyata juga merupakan mitos. Jika bahaya mandi malam untuk ibu hamil merupakan mitos, maka fakta tentang mandi malam bagi ibu hamil dapat Anda ketahui selanjutnya di bawah ini:

1. Menurunkan dan Mengatasi Hipertensi

Meskipun banyak mitos yang mengatakan bahwa bahaya mandi malam untuk ibu hamil itu ada, ternyata kegiatan tersebut justru baik bagi kesehatan. Terutama untuk mengatasi hipertensi. Mandi akan membuat Anda lebih rileks dan tenang. Kulit yang terkena air akan memberi informasi pada otak, dan otak akan memerintahkan jantung untuk memperlambat kerjanya. Perlambatan detak jantung terjadi secara bertahap sehingga hipertensi Anda perlahan akan berkurang.

2. Mengendurkan Otot

Karena mandi membuat Anda rileks maka otot-otot yang tegang akan mengendur dan membuat Anda lebih tidak lelah. Terutama para ibu hamil membawa janin dalam tubuhnya, tidak heran otot-otot di bagian tertentu akan tegang dan cepat lelah. Terutama sekali otot-otot kaki, perut, pundak, punggung, pinggang, dan pinggul. Sebagai penopang tubuh yang harus dijaga kekuatannya, maka membuatnya serileks mungkin juga penting. Tubuh berharga ibu hamil harus dijaga untuk bersiap menyambut kelahiran sang buah hati, bukan?

3. Mengatasi Sulit Tidur

Berbagai gangguan tidur juga akan terjadi bagi para ibu hamil. Nah, untuk mengatasi sulit tidur, cobalah untuk mandi. Setelah mandi tubuh akan rileks dan tanpa sadar Anda akan merasa mengantuk. Mandi juga dapat meredakan stress pada saat masa kehamilan. Bagi Anda ibu hamil yang mengalami kesulitan untuk tidur, maka ada baiknya mencoba terapi ini.

Bahaya mandi malam untuk ibu hamil memang terbukti hanya mitos, namun bukan berarti mandi malam sembarangan akan mengatasi segala permasalahan pada ibu hamil. Mandi malam yang baik adalah dengan air hangat. Air hangat membuat Anda lebih rileks. Dan jangan lupa, suhu air yang pas adalah tidak lebih dari 37°C.

0 komentar: