Kamis, 08 September 2016

Inilah Obat Herbal Alami Untuk Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan kristal zat purin pada sendi-sendi tulang. Akibatnya, seseorang yang mengalami asam urat, akan merasakan sakit yang luar biasa. Kesakitan ini bahkan seringkali disertai dengan bengkak. Pengobatan asam urat bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan kimia maupun obat tradisional. Untuk memastikan seseorang terkena asam urat atau bukan, dia harus memeriksakan dirinya ke dokter. Ketika diagnosis sudah ditegakkan, maka dia bisa memutuskan untuk menggunakan pengobatan kimia atau herbal.

Pengobatan pada kasus asam urat harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama dan bertahap. Namun, kita ketahui bersama, bahwa obat kimia tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Obat-obatan kimia yang dikonsumsi dalam jangka lama, dapat menyebabkan berbagai komplikasi rumit dan merusak organ-organ vital dalam tubuh. Beberapa organ vital tersebut antara lain adalah jantung, ginjal dan hati.

Mengobati Asam Urat Dengan Obat Herbal
Obat herbal merupakan salah satu solusi yang sering ditawarkan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk asam urat. Obat herbal terbuat dari bahan-bahan alami yang berasal dari alam. Dengan begitu, pengobatan menggunakan bahan herbal cukup aman. Ada banyak jenis obat herbal yang sudah jadi dan siap dikonsumsi. Obat herbal tersebut dijual di toko-toko khusus. Namun sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui kandungan yang ada di dalamnya secara tepat.

Jika Anda tidak ingin mengkonsumsi obat herbal yang dijual di toko, Anda bisa meraciknya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Obat-obatan yang kita racik ini dapat dipastikan bahannya alami, karena kita sendiri yang mencari dan mendapatkannya. Inilah beberapa tanaman herbal untuk mengatasi asam urat :

Daun Kumis Kucing
Bagi seseorang yang telah lama mengenal obat herbal, kumis kucing bukanlah hal yang asing. Kumis kucing sering dijadikan obat untuk mengatasi batu ginjal. Kumis kucing ini mempunyai kandungan yang sangat berkhasiat untuk meluruhkan batu. Hal ini belum banyak diketahui, ternyata daun kumis kucing juga bisa meluruhkan kristal asam urat.

Daun Salam
Hampir semua orang tahu bahwa daun salam adalah salah satu bumbu masak yang bisa membuat makan menjadi lebih nikmat. Tapi, tahukah Anda bahwa daun salam mempunyai khasiat ampuh untuk mengatasi asam urat? Kandungan flavonoid, zat tanin dan senyawa minyak atsiri dapat mengatasi asam urat ini.

Jahe
Tanaman yang mempunyai perisa hangat ini sangat cocok untuk dijadikan minuman. Namun ternyata, selain nikmat jahe juga begitu berkhasiat. Jahe bisa mengatasi masalah asam urat, dengan cara melancarkan sirkulasi di dalam darah. Jahe merah bisa juga dioleskan secara merata pada bagian yang sakit.

Daun Seledri
Banyak sekali khasiat dari seledri ini, salah satunya adalah untuk mengobati asam urat. Kandungannya yang begitu kaya dapat membantu untuk meredakan nyeri sendi dan asam urat. Beberapa kandungan yang ada di dalam seledri antara lain adalah folat, sulfur, fosfor, seng, selenium, inositol, mangan dan lemak esensial.

Bunga Rosela
Tanaman yang satu ini juga bisa dijadikan alternatif untuk mengobati asam urat. Bunga rosela mempunyai kandungan zat penting yang begitu banyak. Beberapa zat penting yang terdapat di dalam bunga rosela adalah vitamin C, protein esensial, legnin dan asam amino arginina.

Itulah beberapa tanaman di sekitar kita yang bisa dijadikan obat herbal alternatif untuk mengatasi asam urat. Untuk memastikan apakah asam urat kita sudah turun, sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala.

0 komentar: