Jumat, 09 September 2016

Penderita Darah Tinggi, Hindari Makanan-makanan Ini

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang tidak asing lagi di sekitar kita. Banyak orang-orang yang menderita darah tinggi, terutama orang yang sudah lanjut usia. Tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh berbagai. Biasanya, tekanan darah tinggi ini sering menyebabkan komplikasi. Salah satu di antar komplikasi tersebut adalah munculnya penyakit ginjal. Hal ini jelas, karena tekanan darah tinggi membuat ginjal bekerja ekstra keras. Oleh sebab itu, dokter selalu menyarankan penderita darah tinggi untuk tetap mengontrolnya dan memastikan darahnya dalam keadaan normal. Ini adalah bentuk pencegahan terhadap munculnya berbagai komplikasi.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Tekanan Darah Tinggi
Faktor yang sering menjadikan darah tinggi kambuh adalah makanan. Untuk itu, hindari makanan-makanan yang dapat menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Beberapa makanan ini harus dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi :

Makanan tinggi lemak jenuh
Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, cenderung lebih nikmat dan membuat makan menjadi berselera. Namun, kandungan lemak yang tinggi ini bisa berpengaruh dan membuat kesehatan menurun. Salah satunya adalah sangat berpengaruh dalam menaikan tekanan darah.

Makanan cepat saji/junkfood
Makanan cepat saji adalah fenomena baru dalam masyarakat kita. Orang-orang yang malas untuk memasak akan memakan makanan cepat saji. Kebanyakan, jenis makanan ini mempunyai kandungan nutrisi yang kurang baik untuk kesehatan. Tekanan darah tinggi adalah hal yang sering dipengaruhi oleh makanan cepat saji ini.

Daging merah
Daging merah mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Dokter akan menyarankan pasien untuk membatasi konsumsi makanan daging merah. Beberapa di antaranya adalah daging kambing, domba dan sapi.

Susu
Susu mempunyai kandungan kalsium yang tinggi dan bagus untuk tulang. Namun, susu mengandung lemak jenuh yang tinggi pula. Susu tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Kafein
Kafein terdapat dalam berbagai minuman, termasuk kopi dan minuman energi. Untuk itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi kopi dan berbagai minuman energi yang mengandung kafein. Hal itu sangat tidak baik bagi penderita darah tinggi.

Ubah Gaya Hidup Sehat
Setelah menjauhi berbagai makanan yang dapat membangkitkan kekambuhan darah tinggi, pasien juga harus menghilangkan kebiasaan buruknya. Misalnya, hindari stress dan pikiran yang negatif. Pikiran stress dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, hilangkan gaya hidup buruk yang sering dilakukan. Salah satu di antaranya adalah merokok.

Pemeriksaan tekanan darah harus dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Hal ini adalah untuk menjaga supaya tekanan darah tetap terkontrol dan tidak melebihi dari angka yang seharusnya. Selalu konsultasikan kepada dokter tentang kondisi medis lain. Seperti yang telah dijelaskan di atas, tekanan darah tinggi mempunyai berbagai komplikasi berbahaya yang bisa berkembang.

Tidur Teratur
Sebagian kasus, kurang tidur bisa menyebabkan rendahnya tekanan darah. Namun, bagi penderita tekanan darah tinggi, hal ini seringkali menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Untuk itu, sebaiknya tidur lebih awal dan teratur. Hal ini akan membantu seorang penderita mempertahankan angka normal tekanan darahnya.

Mengkonsumsi obat penurun tekanan darah juga bisa menjadi salah satu solusi. Namun ingat, untuk mengkonsumsi obat penurun tekanan darah, seseorang harus diawasi oleh dokter. Pasien yang sedang dalam pengawasan dokter, harus mematuhi segala sesuatu yang disarankan oleh dokternya.

Tekanan darah tinggi juga sering ada hubungannya dengan jantung. Untuk itu, pemeriksaan jantung secara berkala juga wajib dilakukan.

0 komentar: