Sabtu, 13 Agustus 2016

3 Penyebab Jantung Berdebar Dan Cara Cepat Dalam Mengatasinya

Jantung memang merupakan salah satu organ vital yang ada didalam tubuh manusia, yang memiliki peranan memompa dan menyuplai darah ke seluruh tubuh. Salah satu tanda kehidupan di dalam tubuh manusia adalah memiliki jantung yang berdegup secara normal. Dan degup jantung inilah yang bisa menjadi acuan dalam proses pemeriksaan medis untuk mengetahui kesehatan seorang pasien. Jantung yang berdebar secara tidak normal, biasanya memang mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang terjadi didalam tubuh anda.

Penyebab dari jantung berdebar secara cepat ini, ternyata bisa bermacam – macam, dan untuk mengatasinya, tentu saja anda mesti melakukan beragam cara yang bisa anda coba, agar nantinya degup jantung anda bisa kembali normal. Jantung yang berdebar kencang ini, juga bisa jadi merupakan sinyal bahwa anda perlu mendapatkan penanganan medis secara segera mungkin. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab dari jantung berdebar dan cara mengatasinya, agar anda nantinya bisa melakukan langkah antisipasi dengan segera.

Penyebab Jantung Berdebar


1. Ketidakseimbangan elektrolit
Elektrolit yang merupakan salah satu komponen dalam cairan tubuh, memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dan salah satu penyebab dari jantung yang berdebar ini, dikarenakan tubuh mengalami ketidakseimbangan elektrolit, yang memang akan menyebabkan kerja organ jantung menjadi tidak normal, sehingga jantung berdebar bisa anda alami.

2. Penyakit gula darah rendah
Kadar gula darah yang tidak normal didalam tubuh, memang memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Hal ini pun akan mempengaruhi kinerja organ jantung, karena gula darah yang rendah, akan mempengaruhi suplai asupan darah pada penderitanya ke jantung, sehingga degup jantung pun akan berubah menjadi tidak normal.

3. Konsumsi obat tertentu
Mengkonsumsi obat – obatan kimia memang memiliki efek samping, dan salah satunya adalah jantung yang berdebar. Hal ini bisa terjadi dikarenakan, di dalam zat kimia yang masuk kedalam tubuh melalui obat, akan mengalami sebuah reaksi, dan reaksi inilah yang bisa menjadi penyebab dari jantung berdebar.

Cara mengatasi jantung berdebar


1. Batuk
Memang batuk disini bukan berarti adalah sebuah penyakit, namun cenderung ke respon tubuh akan benda asing yang masuk kedalam tubuh sebagai upaya untuk mengeluarkannya melalui mulut. Batuk bisa menjadi salah satu tindakan pertolongan pertama yang bisa anda coba lakukan untuk masalah jantung berdebar.

2. Mandi dengan air dingin
Memang manfaat mandi menggunakan air dingin, terutama pada waktu pagi hari, ada banyak sekali. Hal ini bisa membantu mengatasi jantung berdebar, karena akan mengembalikan fungsi jantung menjadi lebih normal kembali. Maka sebaiknya, biasakan untuk mandi di pagi hari tanpa menggunakan air hangat, namun dengan menggunakan air dingin.

3. Manuver valsalva
Maksudnya adalah melakukan beberapa gerakan, dengan cara menutup mulut dan memegang hidung, kemudian bernafas dengan beberapa hembusan nafas yang kuat, hal ini bisa menjadi salah satu langkah untuk mengembalikan fungsi kerja jantung seperti sediakala. Selain itu, dengan melakukan manuver valsava tersebut, anda bisa secara otomatis, merangsang saraf vagus, yang nantinya akan mengembalikan debaran jantung menjadi normal kembali.

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi dari masalah jantung berdebar yang bisa anda coba ketahui. Dengan mengetahui penyebab dan langkah mengatasinya semoga bisa membantu anda dalam hal antisipasi, agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

0 komentar: