Sabtu, 13 Agustus 2016

5 Cara Mudah Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat Dalam Waktu Singkat

Cara Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat – Pernahkah anda berpikir bahwa makanan bisa diolah menjadi energi bagi tubuh? Tentu saja semua itu berkat sistem pencernaan berupa lambung yang berada di dalam perut. Adapun kegunaan lambung itu sendiri sebagai fasilator penyimpan makanan untuk jangka pendek. Dimana makanan yang telah dikonsumsi nantinya akan dicerna dalam waktu yang berbeda karena jumlahnya besar.

Nah, ketika lambung kita terasa penuh akan mampu menyimpan 1 liter kunyahan yang berasal dari makanan. Oleh karena itu, penting sekali dalam menjaga pola makan kita agar lambung tetap berfungsi dengan baik. Di samping itu, terhindar dari masalah kesehatan lambung seperti maag maupun asam lambung. Maka mulai sekarang anda perlu menjaga organ pencernaan lambung supaya tetap sehat dengan cara-cara yang ada di bawah ini.

Cara Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat

1. Mengonsumsi Makanan Berserat
Sebaiknya anda perbanyak untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat alami, sehingga mampu membantu tubuh agar bisa mempertahankan organ lambung dan usus. Dengan makanan berserat maka membantu dalam pergerakan usus dan melancarkan pengeluaran sisa pencernaan dalam bentuk tinja. Tentu saja melindungi tubuh dari penyakit berbahaya misalnya wasir, tukak lambung, kanker usus, dan sembelit.

2. Mengurangi Makanan Asam, Pedas dan Manis 
Saat kita mengonsumsi makanan yang pedas, asam dan kaya akan kandungan gula, memungkinkan risiko meningkatnya produksi asam lambung. Dengan demikian, akan berpengaruh pada kinerja empedu yang lebih keras. Lebih parah lagi mampu menimbulkan pertumbuhan bakteri jahan yang terdapat di dalam usus. Ada baiknya anda mengurangi makanan yang pedas, asam dan manis supaya lambung dan usus tetap terjaga dengan baik.

3. Memperbanyak Asupan Cairan Tubuh
Cairan yang tersedia di dalam tubuh senantiasa membantu proses pencernaan. Dimana air akan mampu melenyapkan racun yang berbahaya pada tubuh. Selain itu, air juga bemanfaat baik dalam melarutkan nutrisi yang diserap oleh tinja. Sudah pasti dapat menurunkan risiko terjadinya sembelit. Maka dari itu, asumsi cairan secara berlebih setidaknya minum air minimal 8 gelas per hari. Ingat, hindari minuman yang berkafein dan beralkohol.

4. Pola Makan Teratur
Kebiasaan untuk makan secara teratur harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya kegunaan lambung adalah untuk memproduksi asam lambung, dimana akan diberikan dalam mencerna makanan yang dikonsumsi. Jika asupan makanan tubuh berkurang, maka asam mampu melukai organ lambung. Oleh sebab itu, makanlah secara teratur agar lambung dapat terhindar dari penyakit maag kronis.

5. Membiasakan Mengunyah Makanan Lebih Lama
Organ pencernaan lambung akan bekerja lebih berat untuk proses mencerna makanan, jika kita hanya sebentar dalam mengunyah makanan yang dikonsumsi. Jika hal ini terjadi kemungkinan dinding organ lambung sering bergesekan dan akhirnya membuat luka baru di bagian dinding tersebut. Tekstur makanan lembut nantinya dapat diserap tubuh menjadi lebih lembut pula. Jadi, biasakan dari sekarang untuk mengunyah makanan yang lebih lama.

Selain cara di atas, anda juga harus rutin berolahraga agar sistem pencernaan bekerja dengan optimal. Hindari rasa stres di pikiran anda agar terhindar dari penyakit lambung.

0 komentar: