Minggu, 14 Agustus 2016

5 Nutrisi Yang Wajib Anda Konsumsi Untuk Mencerdaskan Otak

Nutrisi Untuk Mencerdaskan Otak – Kesehatan otak merupakan salah satu faktor penting agar nantinya otak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Maka salah satu langkah agar bisa mendapatkan jaringan sel otak yang baik, anda perlu untuk menjaganya bahkan mulai dari usia didalam kandungan. Kecerdasan otak memang bisa diasah dengan cara metode pembelajaran, dan selain itu, tentu saja mesti didukung dengan beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, yang mampu membantu mencerdaskan otak baik itu untuk dewasa maupun untuk anak.

Banyak sekali jenis bahan makanan yang memiliki nutrisi yang baik untuk kecerdasan otak, seperti sayuran hijau, kacang – kacangan, ikan, daging, telur, dan masih banyak lainnya. Memperhatikan kandungan dari sebuah asupan gizi memang sangat diperlukan, agar nantinya kita tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi sebuah makanan. Jika anda ingin mengetahui nutrisi apa saja yang mampu mencerdaskan otak, berikut ini adalah beberapa nutrisi dari berbagai bahan makanan yang mampu mencerdaskan otak.

Nutrisi Untuk Mencerdaskan Otak

1. Asam lemak omega 3

Nutrisi yang pertama, yang bisa anda coba ketahui untuk membantu mencerdaskan otak adalah asam lemak omega 3. Nutrisi yang baik ini, juga bisa terdapat di berbagai macam bahan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti, ikan. Untuk ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3, biasanya terdapat pada ikan COD, ikan salmon, dll.

2. Kalium

Kalium merupakan salah satu mineral yang terdapat dalam berbagai bahan makanan dengan tekstur yang lembut. Maka mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung kalium, tentu saja akan membantu otak anda menjadi lebih bernutrisi dan bisa mencerdaskan otak anda maupun keluarga. Kalium ini, bisa anda dapatkan dalam berbagai jenis buah – buahan seperti misalnya pisang.

3. Vitamin B9

Selain asam lemak omega 3, dan juga kalium, nutrisi lainnya yang juga bermanfaat untuk mencerdaskan otak adalah vitamin B9, yang merupakan salah satu bagian dari vitamin B. Vitamin B9 ini akan memiliki peranan merangsang sel saraf otak untuk bisa berkembang lebih baik lagi. Makanan yang banyak mengandung vitamin B9 antara lain seperti bayam, dan aneka sayuran hijau lainnya.

4. Asam amino

Nutrisi berjenis asam, seperti asam lemak omega 3 dan asam amino memang sangat diperlukan oleh otak. Asam amino menjadi nutrisi lainnya yang bisa anda peroleh dari bahan makanan berupa telur. Asam amino ini, akan berperan dalam memberikan nutrisi bagi perkembangan otak menjadi lebih baik. Sehingga potensi cacat otak pun akan bisa diminimalisir, jika cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung asam amino.

5. Flavonoid

Flavonoid ini sendiri, mampu berperan secara aktif membentu sel saraf otak menjadi lebih baik, dan mampu memperbaharui sel saraf yang ada didalam otak. Kecukupan tubuh dalam mengasup flavonoid ini, akan membantu menyimpan daya ingat dalam memori anda, sehingga kecerdasan otak pun bisa lebih terjaga dengan baik. Kandungan flavonoid ini sendiri, banyak terdapat didalam coklat, dll.

Demikian beberapa nutrisi yang baik untuk mencerdaskan otak yang bisa anda coba pilih dari beragam jenis makanan sehat, dan bisa anda konsumsi setiap harinya. Semoga bermanfaat sebagai sumber informasi dan pengetahuan untuk anda.

0 komentar: