Rabu, 17 Agustus 2016

5 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Anda Yang Tersumbat Karena Flu

Mungkin sebagian dari Anda ada yang pernah mengalami hidung tersumbat. Yups, hampir semua orang sempat menderita hidung mampet atau tersumbat, mulai dari bayi hingga usia dewasa. Gangguan di saluran pernapasan ini memang sangat mengganggu terutama di saat tidur. Tersumbatnya hidung timbul di salah satu rongga hidung bahkan bisa kedua-duanya sekaligus.

Umumnya hidung tersumbat adalah penyakit ringan yang disebabkan oleh alergi rinitis atau serbuk sari, bisa juga akibat paparan zat kimia maupun polip hidung. Namun biasanya hidung tersumbat diakibatkan oleh influenza dan infeksi sinus. Jika dibiarkan terus menerus maka mampu memicu peradangan di lapisan hidung dan terjadi pembengkakan. Adapun cara ampuh mengatasi hidung tersumbat karena flu adalah seperti berikut.

Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu


1. Lakukan Kompres Hangat di Atas Hidung


Saat hidung anda merasa tersumbat alias mampet, sehingga akan kesulitan untuk mengambil napas. Ada baiknya untuk melakukan kompres air hangat di bagian atas rongga hidung. Sebelumnya basahi dulu kain atau handuk kecil menggunakan air hangat dan bukan air panas. Setelah itu, tempelkan pada batang hidung hingga menyeluruh atau melebar ke sisi pipi depan. Posisikan tubuh dengan berbaring santai supaya lebih maksimal ulangi terus prosedur ini jika handuk sudah dingin dan rasakan kelegaan setelahnya.

2. Hirup Inhaler, Minyak Angin, dan Balsem
Berikutnya adalah menghirip aroma terapi, misalnya minyak angin, inhaler, atau balsem. Dimana kandungannya memiliki menthol, kamper, dan eucalyptus yang mampu mengurangi hidung tersumbat secara berlebih. Untuk menggunakannya sangatlah sederhana, anda hanya perlu menghirup dari wadahnya secara langsung atau bisa juga diolesi tipis di bagian lubang rongga hidung dan sekitar leher.

3. Menghirup Uap Air Panas
Mungkin metode ini hampir sama tujuannya dengan kompres hangat di atas hidung, namun di sini anda hanya tinggal menghirup uap air secara panas-panas. Pasalnya kelembahan dan panas dari uap dapat meringankan peradangan, sehingga akan membuat pernapasan anda sedikit lebih lega dari sebelumnya. Uap air panas bisa dihirup sesuai dengan kebutuhan anda atau dapat digunakan kapan pun selagi hidung anda masih tersumbat.

4. Terapkan Tidur Setengah Duduk
Tidak ada salahnya jika anda menerapkan tidur dengan setengah duduk. Hal ini bertujuan agar hidung tersumbat tidak akan semakin parah. Dengan cara meninggikan posisi kepala yakni meletakkan bantal tambahan di bawah kepala serta leher, supaya tampak seperti setengah duduk. Di samping itu, akan mampu membantu dalam mengurangi penumpukan aliran darah di rongga hidung, yang akan menghilangkan hidung tersumbat.

5. Jangan Membuang Ingus Secara Kuat
Penyebab hidung tersumbat akibat flu yang disertai ingus, sebaiknya jangan dikeluarkan dengan kuat. Namun anda harus mengeluarkan secara lembut atau sebelah-sebelah dengan bergantian. Jika ingus dibuang kuat-kuat kemungkinan akan mempengaruhi lapisan pada hidung semakin meradang. Dengan begitu tidak akan menyembuhkan akan tetapi memperparah penyumbatan hidung.

Sebagai tambahan bila hidung tersumbat anda tak kunjung sembuh dalam jangka waktu 10 hari, maka kemungkinan ada penyebab penyakit lain. Namun, terkadang akan hilang dengan sendirinya dalam jangka satu minggu.

0 komentar: