Rabu, 17 Agustus 2016

5 Cara Mudah dan Aman Menambah Nafsu Makan Anda Secara Alami

Kesehatan seseorang bisa dianalisa dengan melihat nafsu makan yang dialaminya. Nafsu makan yang berkurang secara drastis erat kaitannya dengan masalah yang terjadi pada kesehatan tubuh anda. Dan nafsu makan yang berkurang ini pun akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti misalnya turunnya berat badan secara drastis, dan juga asupan nutrisi yang ada didalam tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, tubuh akan mengalami malnutirisi yang akan menyebabkan organ tubuh menjadi tidak normal dari segi kinerjanya.

Kehilangan nafsu makan, tidak baik jika dibiarkan terus menerus, hal ini tentu saja mesti dilakukan upaya untuk bisa mengembalikan nafsu makan seperti biasanya, agar nantinya asupan nutrisi penting didalam tubuh akan bisa dipenuhi, sehingga kerja organ tubuh pun akan bisa kembali normal. Nafsu makan yang kurang, tentu saja akan membuat tubuh lemas, tidak bersemangat. Dan berikut ini, adalah beberapa cara untuk menambah nafsu makan secara alami, yang bisa anda coba lakukan.

Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

1. Olahraga
Ternyata selain bermanfaat untuk kesehatan, olahraga juga memiliki manfaat yang baik menambah nafsu makan anda secara alami. Kalori yang terbakar karena berolahraga, tentu saja akan merangsang anda untuk makan, sebagai pengganti asupan kalori pada tubuh yang hilang. Semua jenis olahraga yang dilakukan, bisa menjadi salah satu cara untuk menambah nafsu makan secara alami.

2. Konsumsi makanan favorit anda
Merangsang nafsu makan agar bisa normal kembali, bisa dilakukan dengan mencoba untuk mengkonsumsi makanan favorit anda. Namun hal ini sebaiknya jangan dilakukan secara sering, karena akan menimbulkan kecenderungan, anda hanya mau makan, dengan makanan favorit anda saja, dan mengabaikan jenis makanan lainnya.

3. Konsumsi buah dan sayur
Membiasakan mengkonsumsi buah dan sayuran juga akan membantu dalam menambah nafsu makan secara alami. Kandungan serat yang ada dalam kedua jenis bahan makanan ini, akan membantu dalam melancarkan pencernaan, dan mengatasi rasa begah didalam perut anda, sehingga nafsu makan pun bisa anda dapatkan kembali.

4. Konsumsi jamu tradisional
Jamu tradisional merupakan salah satu yang bisa anda konsumsi untuk menambah nafsu makan anda menjadi lebih baik lagi. Jamu tradisional ini, memang terdiri dari beragam bahan dasar yang bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan, termasuk nafsu makan yang rendah. Biasanya jamu tradisional ini, juga kerap dikonsumsi oleh anak – anak agar nafsu makannya, bisa bertambah.

5. Konsumsi makanan yang mengandung Zinc
Selain serat, Zinc juga merupakan salah satu jenis nutrisi yang baik untuk mengontrol nafsu makan menjadi lebih normal. Seseorang yang kekurangan asupan Zinc, akan merasa bahwa makanan yang diasupnya akan terasa kurang lezat. Maka anda bisa mencoba makanan yang banyak mengandung Zinc, seperti ikan, daging, dll.

Demikian beberapa cara menambah nafsu makan secara alami yang bisa anda coba lakukan. Maka dari itu, sebaiknya agar tetap mengontrol nafsu makan anda dalam batas normal, karena kelebihan nafsu makan pun juga akan berdampak kurang baik pada tubuh anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar: