Kamis, 01 September 2016

Efek Buruk Begadang Untuk Kesehatan Tubuh Anda Serta Tips Mencegahnya

Apa yang di pikiran kita saat pertama kali mendengar kata "begadang"? Lagu dangdut yang diciptakan oleh Rhoma Irama (Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya), insomnia, atau kerja lembur. Begadang adalah saat seseorang yang masih tidak tidur sampai larut malam bahkan sampai pagi. Waktu yang paling baik untuk tidur adalah malam hari, sekitar tujuh sampai delapan jam, namun ada keadaan dimana kita dipaksa untuk begadang (contoh: satpam yang memiliki jam kerja malam hari). Saya percaya, seorang yang begadang pasti ada maksud tujuan, semoga bersifat positif (jangan jadi maling). Tapi tubuh harus kita ingat, bahwa tubuh juga memiliki hak, salah satunya: tidur. di bawah ini ada beberapa dampak negatif begadang bagi kesehatan:

1. Daya ingat menurun
Sharp wave ripples adalah peristiwa otak untuk menguatkan memori, pemindahan informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak. neokorteks adalah bagian otak untuk menyimpan informasi jangka panjang. waktu yang optimal untuk sharp wave ripples adalah waktu tidur.

2. Imunitas Menurun
Imunitas atau kekebalan adalah kemampuan tubuh untuk melindungi dari infeksi atau penyakit. jika kurang tidur, maka imunitas akan menurun. sehingga akan mudah terserang penyakit seperti meriang, demam, batuk, flu, dan lainnya.

3. Anemia
Begadang dapat mengganggu metabolisme tubuh yang berakibat sel darah merah tidak di produksi secara baik.

4. Kesehatan kulit menurun

Hormon kortisol yang terlalu banyak yang disebabkan karena sering begadang akan memecah kolagen kulit. hal ini akan menyebabkan kehalusan dan elastisitas kuli menurun.

5. Kanker
Hormon melatonin berperan dalam melawan sel-sel kanker seperti pada jantung aritmia, kanker payudara, Parkinson, kanker prostate, dan sebagainya. tapi, produksi Hormon melatonin akan terganggu jika sering begadang.

6. Menurunkan kesuburan
Begadang dapat menyebabkan kuantitas dan kualitas sperma seorang pria menurun. sedangkan bagi wanita, begadang dapat menyebabkan sekresi hormon dan kualitas ovum menurun, sehingga siklus menstruasi kurang baik.

Jika kita begadang tidak terlalu sering, tubuh tidak akan mengalami banyak permasalahan. karena pada proses tidur selanjutnya, tubuh akan mendobel proses regenerasi. Namun jika terlalu sering diharuskan begadang, ada beberapa saran untuk pencegahan resiko begadang, antara lain:

1. Minum Air Putih
Saat begadang seringkali tubuh mengalami dehidrasi, untuk mencegah hal tersebut minumlah air putih bukan minuman yang lainnya seperti soda, kopi. Saran saya, selalu menyediakan air putih di samping tempat kerja anda.

2. Berolahraga Sore hari
Usahakan anda berolahraga sore hari, hal ini bertujuan menjaga stamina setelah begadang. Berolahraga sore hari, baik bagi seseorang yang insomnia dan mengembalikan jam teratur tidur Anda.

3. Mandi Air Hangat di Pagi Hari
Bagi Anda yang memiliki kelainan jantung, setelah anda begadang disarankan mandi air hangat pada pagi harinya. Hal ini bertujuan mencegah efek angin duduk, angin duduk adalah sebuah sindrom penyempitan pembuluh darah yang bertugas mengalirkan oksigen ke otot jantung.

0 komentar: