Minggu, 11 September 2016

Atasi Kutil Kelamin Sesegera Mungkin dan Tidak Perlu Malu

Kutil kelamin merupakan sebuah penyakit sejenis kutil yang ada pada area genital. Meskipun penyakit ini disebut kutil, namun penanganan untuk mengobatinya berbeda. Kutil kelamin biasanya menimbulkan gatal yang disertai panas. Jika dibiarkan, kutil ini bisa melebar dan semakin memperbanyak diri. Karena jumlahnya banyak dan bentuknya yang menyerupai jengger ayam, maka di Indonesia seringkali disebut sebagai penyakit jengger ayam. Kutil kelamin harus sesegera mungkin di atas, karena jika daya tahan tubuh terus menurun, maka akan terus mengalami pertambahan jumlah.

Kutil kelamin disebabkan oleh virus yang bernama HPV (human papilloma virus). Virus ini menyebabkan kutil di tubuh, kutil kelamin dan bahkan kanker serviks pada wanita. Jenis HPV cukup banyak, dan masing-masing menyebabkan kondisi medisnya tersendiri. HPV biasanya menyerang mereka yang mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Apa Saja Gejala Kutil Kelamin?
Diagnosa harus segera ditegakan dan pengobatan harus dimulai, jika seseorang sudah secara positif terkena kutil kelamin. Gejala kutil kelamin ini sebetulnya mudah untuk dilihat. Namun untuk memastikannya, seorang penderita tetap harus memeriksakan dirinya ke dokter ahli. Beberapa gejala yang dakutpat dilihat adalah munculnya kutil pada area genital. Kutil tersebut bisa ada pada vagina, penis, anus, leher rahim dan paha. Bentuk dari kutil kelamin adalah bergerombol, terkadang menyerupai kembang kol. Namun, biasanya ada juga kutil yang terpisah. Kutil kelamin dapat tumbuh dan warnanya merah muda.

Virus HPV bisa ditularkan secara seksual. Jadi, bisa saja penyebab dari virus HPV ini adalah karena mengalami kontak seksual dengan orang yang terinfeksi HPV. Kutil kelamin bisa terjadi berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah kontak fisik itu. Beberapa jenis infeksi HPV bisa dikaitkan dengan beberapa jenis kanker. Di antarnya adalah kanker anus, kanker leher rahim, kanker penis, kanker bagian tengah tenggorokan dan kanker vulva. Jika jenis HPV yang menginfeksi merupakan jenis penyebab kanker, maka perubahan pra kanker sering tidak menimbulkan gejala apapun.

Bagaimana Cara Mengatasi Kutil Kelamin?
Beberapa orang yang terinfeksi dengan virus HPV dapat sembuh dengan sendirinya, dan tidak mengalami masalah kesehatan yang berarti. Namun, infeksi HPV yang lama di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Untuk itu, kutil kelamin sebaiknya diperiksa dan diobati oleh dokter yang ahli. Dengan demikian, bisa terdeteksi kondisi lanjutan setelah melakukan pengobatan. Pengobatan pada kutil kelamin biasanya dilakukan pengangkatan. Namun, untuk hal lebih jauh, pasien harus berkonsultasi dengan dokter yang menangani penyakitnya.

Vaksinasi dan Pencegahan
Kabar baik untuk penderita yang mengalami infeksi HPV, biasanya HPV sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, ternyata beberapa jenis HPV menyebabkan kanker. Untuk itu, perlu pencegahan sebelum semuanya terlambat. Bentuk pencegahan yang biasanya dilakukan adalah melakukan vaksinasi HPV. Dengan begitu, seseroang akan terlindung dan kebal terhadap virus HPV ini. Langkah lainnya adalah dengan menjaga daya tahan tubuh tetap baik. Seringkali, orang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah, kemudian terinfeksi HPV akan mengalami kondisi medis lanjutan.

Menjaga daya tahan tubuh bisa dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Seseorang harus menjaga pola makan dan pola istirahatnya. Selain itu, hindari juga stress! Stress ini terjadi akibat adanya tekanan pada mental dan masalah yang sedikit menguras pikiran. Stress dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Jadi, tidak heran jika seorang yang stress dapat dengan mudah terinfeksi HPV dan mengalami kutil kelamin.

0 komentar: