Senin, 15 Agustus 2016

5 Langkah Mudah Dan Alami Untuk Mencegah Gigi Anda Berlubang

Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami – Para pihak medis sering mengatakan bahwa ketidakseimbangan sebuah nutrisi dapat merubah proses kimia tubuh yang dapat membuat gigi rentan terhadap kerusakan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi penting sekali dilakukan bagi setiap individu. Setidaknya kita rajin menyikat gigi beberapa kali sehari agar bakteri atau kuman dapat terbunuh. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah gigi berlubang.

Biasanya gigi berlubang itu sendiri ditimbulkan oleh perusak gigi berupa bakteri yang ada di dalam mulut manusia. Akibat penumpukan di permukaan gigi inilah gigi berlubang bisa semakin membesar terutama saat makan. Jika masalah gigi tersebut dibiarkan saja lambat laun akan terjadi plak yag tentunya sangat sulit untuk dihilangkan secara alamiah. Maka ada baiknya untuk mencegah gigi berlubang sejak dini menggunakan cara mudah alami di sini.

Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami


1. Sikat Gigi Sebelum Sarapan


Seperti yang kita ketahui jika sehabis bangun tidur wajib menggosok gigi. Pasalnya bakteri lebih suka beraktifitas pada malam hari di mulut anda, makanya menyikat gigi di keesokan harinya dapat membasmi plak yang lengket. Apalagi bila anda kerap minum yang bersifat asam seperti jus jeruk di pagi hari. Dengan menyikat sebelum sarapan mampu melindungi gigi, dimana makanan asam akan melemahkan enamel sekitar 1 jam sesudah dikonsumsi.

2. Menggosok Gigi Sebelum Tidur 

Selain menyikat gigi sehabis tidur, anda juga perlu melakukan sikat gigi menjeang tidur malam. Bukankah, kita sering melihat beberapa iklan yang menganjurkan agar senantiasa menggosok gigi sebelum tidur. Tentu saja cara ini adalah benar lantaran untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Jika tidak dibersihkan maka bakteri akan muncul di gigi saat anda tertidur, di situlah para bakteri jahat mulai beraktifitas. 

3. Minyak Bunga Matahari 

Salah satu teknik kuno yang tak boleh anda lewatkan begitu saja dalam menceah gigi berlubang adalah menggunakan minyak bunga matahari. Meskipun bersifat tradisional namun cara ini mampu membantu saat proses pembersihan mulut dari bakteri penyebab gigi berlubang. Metode yang dilakukan juga cukup mudah yakni dengan berkumur minyak bunga matahari selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. 

4. Mengunyah Permen Karet Tanpa Gula 

Siapa sangka permen karet dapat membantu gigi tetap sehat agar terhindar dari bakteri jahat. Namun, ingat permen yang dikunyah harus bebas gula sama sekali. Mengunyah permen karet dapat menstimulasi mulut dalam memproduksi air liur dan tentunya hal ini baik sekali untuk gigi anda. Dimana nantinya bisa membersihkan gigi dari berbagai partikel sisa makanan setelah makan berlangsung. 

5. Mengonsumsi Minuman Berkarbonasi 

Taukah anda bahwa minuman soda rasa meskipun bebas gula, akan tetapi masih berpotensi erisif akibat sifat asamnya. Iya, pernyataan tersebut merupakan hasil penelitian oleh para ahli pada tahun 2007 silam. Karenanya minuman berkarbonasi mampu melemahkan enamel. Dengan menyeruput minuman yang mengandung karbonasi harus menggunakan sedotan, sehingga membantu menjaga asam agar jauh dari gigi berlubang.

Demikian seputar informasi mengenai pencegahan gigi berlubang, semoga bisa bermafaat baik bagi kita semua. Terima kasih.

0 komentar: