Senin, 22 Agustus 2016

5 Cara Aman Menurunkan Panas Anak Secara Efektif dan Alami

Cara Menurunkan Panas Anak – Memiliki buah hati tentu menjadi hal yang menggembirakan bagi orang tua. Terlebih melihatnya tumbuh sehat dan ideal. Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan anak menjadi mudah sakit, salah satunya faktor perubahan cuaca yang tidak menentu atau sebab lain yang belum diketahui. Akibatnya anak bisa mengalami gejala seperti panas. Hal ini bisa beresiko lebih besar jika tidak segera ditanggulangi dengan benar. Lantas bagaimana cara menanggulanginya?

Berikut ini kami sajikan ulasan cara menurunkan panas anak secara efektif dengan menggunakan bahan alami, serta tanpa menimbulkan efek samping. Panas yang terjadi pada anak sebagai gejala awal adanya penyakit dalam tubuh memang dianggap wajar, namun ada baiknya penerapan cara berikut ini dilakukan sebelum berkonsultasi ke dokter untuk mencari sebab panas pada anak.

1. Balur Irisan Bawang Merah, Asam Jawa dan Minyak Kelapa

Cara menurunkan panas anak satu ini dikenal secara tradisional pada usia balita hingga anak-anak. Panas akan reda serta memberikan kenyamanan pada anak sehingga tidak terus-menerus rewel. Iris bawang merah secukupnya tipis-tipis, taruh dalam wadah. Rendam asam jawa 15 menit dalam segelas air panas. Kemudian campurkan air asam jawa, minyak kelapa 1 sendok makan dengan irisan bawang merah tadi, aduk hingga tercampur. Balurkan pada dahi, leher, dan dada anak. Kandungan sikloaliin methiallin, floroglusin dan minyak atsiri pada bawang merah dikenal menurunkan panas anak secara bertahap.

2. Kompres Dahi Anak Dengan Air Hangat dan Perasan Jeruk Nipis

Dinilai merupakan cara menurunkan panas anak yang umum diterapkan, mengompres dahi anak dengan handuk basah hangat terbukti dapat menurunkan panas anak dalam waktu yang relatif cepat. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis pada air kompresan. Selain itu, biarkan anak memakai pakaian yang tidak terlalu tebal.

3. Pijat Tubuh Anak Dengan Cajuputti Oil atau Peppermint Oil

Cajuputti Oil atau minyak kayu putih dikenal dapat meringankan nyeri serta mengatasi gejala panas pada anak. Bahan ini sudah dipakai sejak jaman dahulu untuk memijat. Pijatan pada tubuh anak yang panas dengan minyak kayu putih akan memperlancar aliran darah serta aromanya dapat mengatasi hidung mampat (flu). Cara meringankan panas anak ini juga bisa dilakukan dengan Peppermint Oil.

4. Minumkan Campuran Kunyit, Jeruk Nipis, dan Madu

Cara meringankan panas anak selanjutnya adalah dengan jamu tradisional berbahan dasar kunyit. Parut 10gr kunyit yang sudah dicuci bersih, ambil air perasannya dengan menambahkan ½ gelas air hangat. Tambahkan air perasan ½ jeruk nipis (1 bagi 2) dan 2 sendok makan madu. Aduk sampai rata. Minumkan pada anak 3 kali sehari (1 porsi jamu bisa untuk 3 kali minum).

5. Minumkan Air Kelapa Muda

Kandungan mineral pada air kelapa terbukti sebagai cara menurunkan panas anak secara efektif dengan menetralisir suhu badan. Ketika panas anak tinggi, keringat akan keluar dan cairan dalam tubuh berkurang. Air kelapa akan menggantikan kekurangan cairan tersebut secara optimal.

5 cara menurunkan panas anak diatas dapat diterapkan sebagai penanggulangan dini pada gejala panas yang timbul secara tiba-tiba. Jika panas anak tidak turun dalam waktu yang lama, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter dan berkonsultasi tentang penanganan lebih lanjut.

0 komentar: