Senin, 29 Agustus 2016

4 Cara Mendeteksi Penyakit Jantung Sejak Dini

Dari sekian banyak penyakit yang dapat menyebabkan kematian, penyakit jantung dikatakan sebagai yang paling mematikan. Penyakit ini menjangkiti bahkan tanpa disadari oleh orang-orang yang merasa sehat. Oleh karena itu, setiap orang perlu mengetahui cara mendeteksi penyakit jantung sejak dini. Dari sekian faktor yang menyebabkan penyakit ini, merokok, kolesterol, dan tekanan darah tinggi menjadi faktor yang sering disebutkan. Pola hidup yang tidak sehat juga melingkupi ketiga faktor tersebut. Jadi pola hidup merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Pola hidup sehat harus diterapkan untuk mencegah penyakit jantung.

4 Anggota Tubuh yang Menjadi Pendeteksi Penyakit Jantung

Tubuh Anda dengan sendirinya akan mengetahui bahwa ada yang tidak beres dengan fungsinya, sehingga tidak heran ada bagian-bagian yang dapat mengirimkan sinyal tidak beres dengan sendirinya. Begitu juga dengan penyakit jantung, namun jantung yang merupakan tempat yang terjangkit sulit mengirim sinyal secara fisik sehingga bagian tubuh lain dijadikan perantara untuk menunjukkan bahwa jantung Anda sedang sakit. Berikut adalah bagian tubuh yang memiliki cara mendeteksi penyakit jantung sejak dini.

1. Kuku
 
Warna dari kuku jari Anda dapat menjadi cara mendeteksi penyakit jantung sejak dini. Periksalah apakah warna kuku Anda sama dengan orang normal yang tidak sedang sakit. Jika kuku Anda berwarna kemerahan, maka Anda baik-baik saja. Namun, jika warna kuku menunjukkan warna biru dan pucat, maka Anda harus berhati-hati dan segera memeriksakan diri. Warna biru tersebut berarti aliran darah tidak lancar sampai-sampai kuku Anda tidak terjangkau oleh aliran darah.

2. Kaki

Kaki yang merupakan penopang tubuh juga dapat menjadi pendeteksi penyakit jantung sejak dini. Lihatlah sekitar jari-jari kaki Anda. apakah ditumbuhi rambut-rambut halus? Jika iya, maka selamat, Anda adalah orang yang sehat. Namun, jika tidak maka Anda perlu waspada. Pertumbuhan bulu-bulu halus dipengaruhi oleh aliran darah. Jika rambut-rambut halus tidak tumbuh di sekitar jari kaki, maka aliran darah tidak lancar, dan itu berarti jantung mempunyai masalah.

3. Lidah

Lidah biasanya berwarna merah segar. Namun, jika warna lidah Anda ungu atau sangat pucat, maka lebih baik memeriksakan diri karena itu berarti ada masalah pada jantung Anda.

4. Mata

Mata adalah cerminan kesehatan Anda. saat memeriksakan diri ke dokter, biasanya mata akan diperiksa sebagai pemeriksaan awal. Jika terdapat cincin putih disekitar iris atau arteri sekitar mata berubah menjadi keperakan, maka jantung Anda sedang mengalami masalah.

Meskipun ciri-ciri tersebut tidak terlalu kentara pada Anda, tetaplah waspada. Karena kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengidap penyakit jantung. Maka dari itu jagalah diri Anda dan pastikan Anda mengetahui cara mendeteksi penyakit jantung sejak dini dengan memperhatikan sinyal-sinyal yang tubuh Anda berikan.

0 komentar: