Sabtu, 27 Agustus 2016

3 Cara Aman Mengatasi Baby Blues Pasca Melahirkan untuk Para Ibu

Sindrom baby blues memang menjadi momok bagi para ibu. Mereka akan mencari berbagai cara mengatasi baby blues pasca melahirkan agar bisa selalu dekat dengan buah hati. Pada taraf tertentu bahkan ada ibu yang tidak bisa mendekati buah hatinya pasca melahirkan ada banyak alasan seperti kelelahan fisik dan mental yang luar biasa. Penelitian menunjukkan 50 hingga 80 persen wanita mengalami sindrom baby blues pasca melahirkan. Pada kategori ringan, hal ini hanya berlangsung selama 2 minggu. Gejalanya sendiri hanyalah perasaan sedih yang luar biasa yang diwujudkan dengan menangis, tidak bisa tidur, dan perasaan cemas, kacau, bingung, hingga akhirnya mengalami penolakan terhadap bayinya sendiri.

Beberapa Cara Mengatasi Baby Blues

Baby blues sendiri disebabkan oleh beberapa faktor seperti hormon, fisik dan psikologis, hingga kondisi sosial. Sindrom ini terutama dialami oleh Anda yang baru pertama kali melahirkan dan memiliki anak. Seorang ibu yang dulunya memiliki waktu dan merasa bebas kemudian merasa terkekang oleh anaknya sendiri, karena kewajiban dan rasa tanggung jawab terhadap si anak.

Ada beberapa cara untuk mencegah baby blues, yang pertama adalah meminta dukungan orangtua, suami, dan saudara sebelum melahirkan. Selanjutnya mulai mencari informasi dan memperluas pengetahuan Anda tentang bayi dan kesehatannya serta perawatannya. Selanjutnya Anda harus mau menyiapkan mental untuk menjadi seorang ibu selama 24 jam selama sisa hidup Anda. Kesiapan ini penting untuk mencegah Anda terkena baby blues. Selanjutnya cara mengatasi baby blues pasca melahirkan adalah sebagai berikut:

1. Kegiatan yang Menghibur

Kegiatan yang menghibur akan membuat Anda merasa lebih nyaman dengan kehidupan baru sebagai seorang ibu. Misalnya, cobalah membaca di sela-sela waktu mengurus bayi, atau menonton tv. Berbicara juga termasuk kegiatan yang menghibur. Bicarakan semua masalah Anda pada suami atau orang tua atau siapapun yang membuat Anda lebih lega.

2. Rileks

Terlalu terbebani dengan tugas seorang ibu bukanlah hal yang baik. Meskipun hal tersebut juga bukan hal yang buruk, namun jika berlebihan baby blues dapat menyerang Anda kapan saja. Untuk itu Anda harus tahu cara mengatasi baby blues pasca melahirkan. Satu hal yang paling penting adalah, tidurlah selagi bisa. Meskipun hanya beberapa menit setiap jam atau tidur setiap bayi Anda tidur dan bangun setiap kali dia terbangun. Tidur membantu Anda lebih rileks dan mengistirahat fisik dan psikis Anda.

3. Perhatikan Pola Hidup
 
Pola hidup seorang ibu memang memerlukan banyak pengorbanan. Namun, bukan berarti pola hidup tersebut harus direlakan seluruhnya. Aturlah kegiatan yang akan menyeimbangkan kesibukan Anda mengurus sang bayi. Misalkan berjalan-jalan dengan sang bayi sekaligus untuk mengolah tubuh. Atau makan makanan bergizi dengan pola makan yang baik untuk memberi nutrisi bagi tubuh dan bayi.

Itulah berbagai cara mengatasi baby blues pasca melahirkan. Jadi bagi para calon ibu, jangan takut untuk memiliki anak jika Anda sudah tidak takut pada baby blues.

0 komentar: