Jumat, 16 September 2016

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Ketidak Suburan

Ketidak suburan merupakan salah satu masalah yang sering terjadi. Hal ini dapat berpengaruh pada kehidupan rumah tangga secara menyeluruh. Terutama, ini menjadi tekanan mental bagi pasangan yang sudah lama menikah, namun belum memiliki momongan. Ketidak suburan bisa disebabkan oleh pihak perempuan, oleh pihak laki-laki, maupun oleh kedua belah pihak. Pasangan yang sedang dalam masalah ini, harus segera memeriksakan diri, supaya masalahnya segera diatasi. Biasanya, dokter akan menyarankan tindakan-tindakan untuk menghilangkan penyebabnya.

Gejala Ketidak Suburan
Seseorang yang belum mempunyai momongan, seringkali dianggap biasa saja. Namun, ketika seseorang sudah lama tidak mempunyai momongan, maka harus diwaspadai itu adalah ketidak suburan. Adapun beberapa gejala dan jenis ketidak suburan akan dijelaskan di bawah ini :

Gejala ketidak suburan pada pria :

  1. Ada perubahan pada gairah dan hasrat seksual
  2. Testis kecil
  3. Mengalami masalah yang berhubungan dengan ejakulasi dan ereksi
  4. Pertumbuhan rambut mengalami perubahan
  5. Terdapat benjolan, nyeri atau pembengkakan pada testis
Ketidaksuburan pada wanita:
  1. Ketidak normalan menstruasi. Terkadang, darah yang keluar lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya
  2. Tidak mengalami menstruasi untuk beberapa lama, namun bukan gejala kehamilan
  3. Mengalami rasa nyeri dan kram pada saat menstruasi
  4. Periode menstruasi berubah-ubah dan tidak teratur setiap bulannya
Ketidak suburan pada wanita juga sering dikaitkan dengan masalah hormonal. Masalah hormonal ini mempunyai gejala-gejala tertentu. Di antara gejala-gejala itu di antaranya adalah :
  1. Perubahan pada gairah dan hasrat seksual
  2. Perubahan kulit, bahkan sering mengalami berjerawat
  3. Kehilangan rambut/rambut rontok
  4. Adanya pertumbuhan rambut gelap di dada, pipi dan bibir.
  5. Pertambahan berat badan
Penyebab Ketidak Suburan
Pada laki-laki, ketidak suburan biasanya diakibatkan oleh kualitas sperma yang kurang baik. Jumlah sperma yang terkandung di dalam air mani hanya sedikit. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi suatu hal yang penyebab yang menjadikan seorang pria mengalami ejakulasi.

Pada wanita, terdapat beberapa penyebab yang sering menjadi faktor ketidak suburan. Beberapa diantaranya adalah PCOS (kelebihan hormon androgen), kerusakan saluran telur, endrometriosis, pengaruh obat dan ada lagi beberapa yang lainnya. Sebaiknya, jika Anda mengalami sulit hamil, maka harus segera menemui dokter kandungan.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter?
Ketika pasangan menikah ingin mendapatkan anak, namun dalam satu tahun belum mendapatkannya, maka harus segera menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan akan dilakukan pada kedua belah pihak pasangan. Hal ini untuk mengetahui wanita atau pria yang mengalami masalah dengan ketidak suburan. Setelah itu, akan diambil tindakan pengobatan untuk masalah tersebut.

Pengobatan Untuk Masalah Ketidak Suburan
Penanganan pada kasus ketidak suburan berbeda-beda. Hal ini akan disesuaikan dengan penyebab ketidak suburan itu sendiri. Dokter akan mengambil tindakan sesuai dengan yang diperlukan. Untuk beberapa kasus, mungkin hanya akan diberikan obat-obatan khusus yang berguna untuk membangun kesuburan.

Beberapa tindakan pengobatan yang mungkin dilakukan oleh dokter, antara lain :
 
Kanulasi Tuba
Sebuah tindakan medis untuk mengobati ketidak suburan. Tindakan ini bertujuan untuk membersihkan penyumbatan di saluran tuba.
 
Inseminasi Buatan
Ini merupakan sebuah langkah simpel yang sering digunakan oleh dokter untuk mengatasi ketidak suburan

Operasi Endrometriosis
Ketidak suburan bisa diakibatkan oleh endrometriosis. Untuk mengatasi hal ini, maka harus dilakukan pembedahan pada pasien yang mengalami ketidak suburan.

Manajemen Stress
Stress merupakan salah satu penyebab ketidak suburan. Dengan manajemen stress yang baik, seorang yang mengalami ketidak suburan bisa diatasi.

0 komentar: