Rabu, 03 Agustus 2016

Info Berat Badan Bayi Normal Bagi Para Ibu Muda

Bagi ibu yang baru memiliki bayi pertamanya, sudah bisa dipastikan mempunyai perasaan bahagia yang berkecamuk. Tidak pernah menyangka bisa menyambut buah hatinya terlahir di dunia. Sang ibu akan rela melakukan segalahal untuk bayinya agar sang bayi sehat. Hal utama yang selalu diperhatikan orang tua baru adalah berat badan. Jika melihat dari berat badan bayi normal untuk laki laki berbobot minimal 2.500 gram dengan maksimal 4.400 gram. Sedangkan untuk bayi perempuan mempunyai berat badan minimal 2.400 gram dan maksimal 4.200 gram. Jika bayi anda berbobot di antara tersebut bisa dikatakan buah hati anda normal dan tidak perlu ditakutkan. Akan sangat bagus jika bayi anda berbobot sedang, sehingga tidak memancing penyakit bawaan.

Kenaikan ideal berat badan bayi normal

Seiring bertambahnya umur, sudah bisa dipastikan berat badan bayi anda akan semakin bertambah. 

Bayi pada usia 1 hari sampai 6 bulan sebaiknya diberikan ASI eksklusif dan tidak dicampurkan dengan makanan atau minuman lainnya. Baru setelah 6 bulan bayi boleh mengkonsumsi makanan dan minuman lainnya. Jika melihat dari pertumbuhan, kenaikan ideal berat badan bayi normal akan semakin bertambah. Tidak dalam jumlah yang langsung besar, tetapi meningkat secara bertahap.

Pada usia 1 bulan rata-rata bayi akan mengalami kenaikan berat badan hingga 200 gram setiap minggunya. 

Dalam satu bulan bisa bertambah hingga 700 gram. Beberapa bayi bahkan bias melebihi angka tersebut. Ini biasanya karena adanya peran dari tambahan susu formula. Pada usia 3 hingga 6 bulan berat badan bayi akan bertambah hingga 500 gram. Hal ini karena bayi mulai bisa bergerak sehingga ada pertumbuhan pada tinggi badan. Di atas 6 bulan hingga 1 tahun biasanya berat badan bayi normal akan mengalami peningkatan 350 gram setiap minggunya. Ini bisa anda jadikan patokan untuk pertumbuhan berat badan bayi. Jika berat badan bayi anda kurang, maka jangan takut. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak.

Angka kenaikan berat badan bayi normal berdasarkan umur

Bagi anda yang penasaran berapa peningkatan berat badan bayi secara normal. Jika pada awal kelahiran bayi akan memiliki bobot dari 2.500 gram hingga 4.400 gram. Pada usia 6 bulan normalnya bayi laki laki mempunyai berat badan 6.400 gram hingga 9.800 gram. Sedangkan untuk bayi perempuan mempunyai berat badan bayi normal 5.700 gram hingga 9.300 gram.

Pada usia ini sangat penting sehingga anda harus perhatikan bobot bayi. Karena semua asupan ibu hanya dari ASI eksklusif. Akan lebih baik jika ibu mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang. Hindari makanan terlalu dingin dan panas sehingga bisa memicu penyakit flu dan demam pada bayi. Di usia ini bayi juga sangat rentan terhadap cuaca, sehingga lebih baik tidak sering berada di luar ruangan jika malam hari karena akan terjadi perubahan suhu yang cukup ekstrem.

0 komentar: