Sabtu, 13 Agustus 2016

5 Manfaat Kesehatan Yang Anda Dapatkan Bila Sering Mendonorkan Darah

Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh – Menolong orang lain dan berbuat baik, memang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya adalah dengan melakukan donor darah. Donor darah merupakan salah satu aktivitas mendonorkan darah yang ada didalam tubuh kita ke orang yang sedang memerlukan suplai darah merah, seperti pada kondisi kecelakaan yang memerlukan transfusi darah, atau penyakit lainnya yang memang sangat memerlukan suplai darah merah dari para pendonor. Ternyata selain donor darah sangat membantu orang yang mendapatkan donor, juga memiliki manfaat lainnya.

Yaitu manfaat ke si pendonor nya, karena donor darah yang dilakukan secara rutin, dalam rentang waktu yang telah ditentukan, akan sangat bermanfaat positif terhadap kesehatan tubuh. Maka bisa dilihat secara nyata, orang yang rutin mendonorkan darahnya, memiliki tubuh yang segar dan lebih bugar dari biasanya. Hal ini dikarenakan terjadi proses regenerasi sel darah merah secara teratur didalam tubuh. Tentu saja masih banyak manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari mendonorkan darah secara rutin untuk kesehatan, dan dibawah ini adalah beberapa manfaatnya.

Manfaat Donor Darah Rutin Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga kesehatan jantung

Orang yang biasanya rutin mendonorkan darahnya untuk orang lain, akan meminimalisir resiko terkena penyakit jantung. Pembuktian secara ilmiah telah dilakukan didalam American Journal of Epidemiology. Hal ini dikarena jika melakukan donor darah secara rutin, maka akan membantu meregenari sel darah merah, dan akan membantu memperlancar pembuluh darah. Sehingga hal ini akan meminimalisir resiko terkena penyakit jantung.

2. Menurunkan level iron

Level iron atau kadar zat besi didalam tubuh, memang sangat diperlukan sebagai salah satu zat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, jika level iron berlebihan didalam tubuh, akan membuat resiko terkena berbagai penyakit menjadi lebih besar, seperti penyakit jantung, dll. Zat besi yang berlebih, akan mempercepat proses oksidasi kolesterol yang ada didalam tubuh anda, yang pada akhirnya akan merusak bagian arteri. Maka dengan donor darah, kadar zat besi didalam darah bisa berkurang.

3. Menurunkan resiko kanker

Selanjutnya yang bisa anda ambil manfaatnya dari donor darah secara rutin adalah mampu menurunkan resiko terkena kanker, seperti kanker paru – paru, kanker hati, kanker usus besar, lambung, dll. Resiko penyakit kanker ini, bisa diturunkan, karena adanya regenerasi sel darah merah didalam tubuh secara rutin, sehingga sel kanker pun akan bisa diminimalisir untuk tumbuh.

4. Membakar kalori

Manfaat lainnya dari donor darah secara rutin adalah, bisa membantu membakar lemak dan juga kalori secara lebih baik. Untuk sumbangan darah sebesar 500 ml, seseorang mampu membakar kalorinya sebanyak sekitar 650 kalori. Akan tetapi, walaupun memiliki manfaat yang bisa membantu membakar kalori, jangan menggunakan aktivitas mendonorkan darah sebagai salah satu program penurunan berat badan didalam tubuh anda.

5. Periksa kesehatan darah gratis

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari mendonorkan darah secara rutin in adalah, bisa membantu memeriksa kesehatan darah secara gratis. Karena sebelum mendonorkan darah, tentu saja akan diperiksa terlebih dahulu kesehatan darah anda, seperti pemeriksaan HIV, Sipilis, Hepatitis. Hal ini tentu saja bermanfaat untuk menentukan apakah darah yang akan anda donorkan layak untuk didonorkan atau tidak.

Demikian beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dalam mendonorkan darah secara rutin untuk kesehatan tubuh anda. Semoga bisa menambah pengetahuan dan informasi kesehatan, serta kesadaran anda akan berbagai manfaat baik donor darah untuk kesehatan tubuh anda.

0 komentar: